Rabu, 20 Agustus 2014

Hot Rod Modern Berjiwa "Supercar"

// // Leave a Comment
Surrey, KompasOtomotif - Hot rod kerap diidentikan dengan mobil klasik yang pernah muncul di era 1930 dan 1940. Desainnya yang "nyentrik" membuat banyak penggila otomotif dan mobil klasik menggandrunginya. Plus mesin besar yang teronggok di balik kap yang unik juga jadi daya tarik tersendiri.

Ketertarikan tersebut menggugah Pawel Wisniewski (spesialis sketsa) dan Jans Slapins (ahli 3D) untuk membuat konsep Hot Rod dengan tampilan modern namun tetap mempertahankan ciri khas. Ide tersebut muncul ketika keduanya menyaksikan Lamborghini dan Rat Rod berdampingan untuk adu kebut di lintasan (drag race). Alhasil muncullah ide untuk menggabungkan desain keduanya dengan nama Lamborghini Rat Rod.

Formula 1
Inspirasi pembuatan mobil tersebut diambil dari beberapa model dan karakter. Seperti mobil Formula 1, Plymouth Cuda, Vought F4U Corsair hingga era refrigerator pada 1960-an. Desain depan tetap mempertahankan kondisi ban yang sejajar dengan ruang mesin seperti khas Hot Rod. 

Lekukan garis body mengambil karakter Lamborghini dan beberapa material yang dipakai menggunakan serat karbon. Penggunaan lubang udara pada samping ruang mesin dan pintu membuat tampilan lebih sangar. Plus, pelek yang dibuat dari serat karbon.

Atap dibuat rendah yang juga menganut khas Hot Rod ekstrem dengan model chop top. Kendati demikian desainer menciptakan kabin yang bisa dimuati 4 penumpang.

Small block V8
Sebagai penghasil tenaga, agar sebanding dengan tampilan yang sangar, perancang memasukkan mesin small block V8 lengkap dengan turbo ganda. Untuk pemindah daya digunakan transmisi sekuensial 6 percepatan.

Semua desain ini masih berbentuk sketsa rekayasa digital. Belum ada kepastian untuk dibuat versi produksi masal atau bahkan prototipe. Namun paling tidak Lamborghini Rat Rod sudah membuat heboh dunia maya terlebih bagi para penggilanya.

0 komentar:

Posting Komentar